Mesin Bubut

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiecV7LShzb1lOJwi13HlpbROdnck92Q0eEk610T7TwcwEfZ3cQbNcaXlScjtnJyU8_QshOqQuCzVSRSkbSsDXSNLxES3OKmCNYhknt7QsfXB9_ooe0yQM5fTdbTMC27zEeER_McMo7QmvR/s1600/mesin+bubut.jpg



Mesin Bubut adalah suatu Mesin perkakas yang digunakan untuk memotong benda yang diputar. Bubut sendiri merupakan suatu proses pemakanan benda kerja yang sayatannya dilakukan dengan cara memutar benda kerja kemudian dikenakan pada pahat yang digerakkan secara translasi sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja. Gerakan putar dari benda kerja disebut gerak potong relatif dan gerakkan translasi dari pahat disebut gerak umpan.
Dengan mengatur perbandingan kecepatan rotasi benda kerja dan kecepatan translasi pahat maka akan diperoleh berbagai macam ulir dengan ukuran kisar yang berbeda. Hal ini dapat dilakukan dengan jalan menukar roda gigi translasi yang menghubungkan poros spindel dengan poros ulir.
Roda gigi penukar disediakan secara khusus untuk memenuhi keperluan pembuatan ulir. Jumlah gigi pada masing-masing roda gigi penukar bervariasi besarnya mulai dari jumlah 15 sampai dengan jumlah gigi maksimum 127. Roda gigi penukar dengan jumlah 127 mempunyai kekhususan karena digunakan untuk konversi dari ulir metrik ke ulir inci.

Mesin bubut merupakan salah satu mesin konvensional yang umum dijumpai di industri pemesinan. Mesin bubut mempunyai gerak utama benda kerja berputar pada spindelnya dan alat potong bergerak
Prinsip Kerja
Operasi dasar dari mesin bubut adalah melibatkan benda kerja yang berputar dan cutting tool-nya bergerak linier. Kekhususan operasi mesin bubut adalah digunakan untuk memproses benda kerja dengan hasil atau bentuk penampang lingkaran atau benda kerja berbentuk silinder.

Bagian utama mesin bubut
  1. Spindel : bagian yang berputar (terpasang pada headstock) untuk memutar chuck ( pencekam benda kerja).
  2. Headstock : bagian dimana transmisi penggerak benda.
  3. Tailstock : bagian yang berfungsi untuk mengatur center atau pusat atau titik tengah yang dapat diatur untuk proses bubut parallel maupun taper.
  4. Carriage (sadel) : bagian ini berfungsi menghantarkan cutting tool (yang terpasang pada tool post) bergerak sepanjang meja bubut saat operasi pembubutan berlangsung.
  5. Bed : meja dimana headstock, tailstock, dan bagian lainnya terpasang kuat dimeja ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjr-twnMhaL68cpxJdHNmO7U1xZ9QHHhISH0sSK9wYCwe1vfF3fxTP2PURIHaVMHFDdyWb2exZQHZVUxkuuuZr3H75qx8vZDT1O41_f9UvC3WFsli3Mz-MB2Wl6ZzBARrLC9P_oh6ity6Q/s400/diagram-lathe.jpg
(gambar nama bagian mesin bubut)
 Faktor untuk menentukan spesifikasi performa operasional mesin bubut :
  1. Maksimum diameter benda kerja yang mampu dicekam pada workholder (chuck), semakin besar  diameter pada pencekam semakin besar diameter poros benda kerja yang dapat dibubut.
  2. Maksimum panjang benda kerja yang dapat dicekam (jarak headstock spindel dan tailstock spindel).
  3. Maksimum panjang meja (panjang lintasan carriage/tool post), semakin panjang ukuran meja semakin panjang benda kerja yang dapat dibubut.
  4. Range kecepatan spindel (jumlah tingkat kecepatan transmisi roda gigi pada headstock), semakin bervariasi jangkauan kecepatan spindel semakin lengkap pengaturan kecepatan potong benda kerja yang dibubut.
  5. Daya motor penggerak (penggerak transmisi spindel), semakin besar daya motor semakin besar torsi yang dihasilkan untuk memutar benda kerja.
Elemen – Elemen Dasar Pemotongan Pada Proses Bubut

Elemen – elemen pada dasar pemotongan pada proses bubut dapat diketahui dengan rumus yang dapat diturunkan dengan memperhatikan gambar teknik,di mana di dalam gambar teknik dinyatakan spesifikasi geometrik suatu produk komponen mesin yang di gambar.setelah itu harus dipilih suatu proses atau urutan proses yang digunakan untuk membuatnya. Salah satu cara atau prosesnya adalah dengan bubut, pengerjaan produk, komponen mesin, dan alat – alat menggunakan mesin bubut akan ditemui dalam setiap perencanaan proses permesinan.untuk itu perlu kita pahami lima elemen dasar permesinan bubut,yaitu :
- kecepatan potong (cutting speed) : v (m/min)
- gerak makan (feed rate ) : f (mm/rev)
- kedalaman pemakanan (depth of cut) : a (mm)
- waktu pemotongan (cutting time) : tc (min)
- kecepatan penghasilan geram (rate of metal removal) : z (cm3/min)


Postingan populer dari blog ini

Spooring

Sistem Tranmisi